Sambutan Pengurus

 

Assalamualaikum wr wb.

Salam sejahtera kepada kita semua.

Alhamdulillah, website ini kembali aktif dengan pembaharuan isi dan tampilannya, guna dapat menjadi media infomasi sekaligus komunikasi yang efektif Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM) kepada para anggotanya maupun masyarakat umum.

Dalam waktu dekat, menandai ulang tahun HKHPM yang ke 30 pada tahun 2019 ini, Pengurus HKHPM juga akan meluncurkan program mobile applications yang akan mempermudah bagi para anggota HKHPM maupun masyarakat untuk mengakses beberapa informasi penting yang bermanfaat terkait HKHPM maupun perkembangan hukum pasar modal serta jasa keuangan secara umum.

Rekan-rekan anggota dan para pembaca sekalian, pada bulan November tahun 2018 yang lalu, dalam acara Rapat Anggota Tahunan telah dilakukan pergantian kepengurusan HKHPM, mengakhiri kepengurusan dua peiode (2012-2015 dan 2015-2018) dibawah kepemimpinan Rekan Indra Safitri. Pada kesempatan ini, perkenankan saya selaku Ketua Umum HKHPM yang baru, atas nama seluruh pengurus dan anggota HKHPM mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rekan Indra Safitri dan seluruh jajaran kepengurusan yang lalu atas semua dedikasi dan pencapaian luar biasa yang telah diberikan.

Diantara pencapaian penting dari kepengurusan HKHPM yang lalu adalah penerbitan Standar Profesi HKHPM yang baru, yakni SP 020808, yang diterbitan pada bulan Agustus 2018. Penerbitan SP 020808 ini merupakan jawaban HKHPM terhadap tuntutan perkembangan zaman yang semakin dinamis, yang mensyaratkan peningkatan kompetensi dan integritas anggota HKHPM selaku Profesi Penunjang Pasar Modal, sekaligus selaku profesi pendukung kegiatan sektor jasa keuangan yang lebih luas.

Salah satu tugas besar kepengurusan HKHPM yang baru adalah, bersama-sama dengan Dewan Standar dan Dewan Kehormatan, memastikan agar SP 020808 dan juga Kode Etik HKHPM dapat diterapkan secara konsiten. Untuk itu, diperlukan program sosialisasi terus menerus kepada para anggota HKHPM termasuk kepada para stakeholders yang lain seperti Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan serta SRO. Saya berharap, dengan penerapan SP 020808, Kode Etik serta Program-program utama HKHPM, maka salah satu Visi HKHPM menjadi wadah berhimpunya para konsultan hukum yang memiliki kompetensi sekaligus integritas tinggi, dapat terwujud. HKHPM dapat memberi manfaat tidak saja kepada para anggotanya, namun juga kepada masyarakat luas.

Akhirnya, saya mengucapkan selamat mengakses website ini kepada para anggota HKHPM maupun masyarakat luas, mohon maaf bila belum sepenuhnya memuaskan, silahkan sampaikan saran-saran Anda apabila ada. Semoga bermanfaat.

Wassalam,

Abdul Haris M. Rum

Ketua Umum HKHPM